CNC machining, atau Computer Numerical Control machining adalah proses manufaktur yang menggunakan kontrol terkomputerisasi dan peralatan mesin untuk menghilangkan material dari benda kerja guna membuat komponen atau produk yang dirancang khusus. Proses ini melibatkan pergerakan presisi alat pemotong pada berbagai sumbu di bawah bimbingan program komputer untuk menghasilkan bentuk dan geometri yang kompleks dengan akurasi dan kemampuan pengulangan yang tinggi.

Proses pemesinan CNC biasanya dimulai dengan pembuatan model 3D CAD (Computer-Aided Design) dari komponen atau benda kerja yang akan diproduksi. Model CAD ini berfungsi sebagai cetak biru untuk dimensi, fitur, dan toleransi komponen. Model CAD kemudian diterjemahkan ke dalam satu set instruksi, yang dikenal sebagai G-code, yang berisi perintah yang menentukan toolpat, RPM, feed rates, dan parameter lain yang diperlukan untuk pemesinan bagian tersebut.

Setelah program G-Code dibuat, program tersebut ditransfer ke pengontrol mesin CNC, yang menafsirkan instruksi dan mengarahkan pergerakan alat pemotong mesin sesuai dengan itu. Mesin CNC, yang mungkin mencakup mesin milling, mesin bubut, router, atau wirecut, kemudian menjalankan instruksi yang sudah diprogram untuk pemakanan material dari benda kerja, membentuknya menjadi bentuk yang diinginkan.

Selama proses machining, cutting tools berputar atau bergerak sepanjang beberapa sumbu untuk memotong dan membentuk benda kerja secara presisi sesuai dengan spesifikasi yang diprogram. Proses ini mungkin melibatkan berbagai operasi pemotongan seperti milling, turning, drilling, tapping, dan grinding tergantung pada persyaratan bagian yang diproduksi.

Nah, mengenai penggunaan Mastercam dalam proses machining CNC, Mastercam adalah perangkat lunak CAD/CAM (Computer-Aided Manufacturing) yang paling banyak digunakan yang dirancang khusus untuk membuat program pemesinan CNC. Mastercam memungkinkan seorang programmer cnc atau operator mesin untuk membuat, mengedit, dan mengoptimalkan toolpath machining langsung dari model CAD 3D.

Dengan Mastercam, Anda dapat mengimpor model CAD dari berbagai perangkat lunak desain, seperti SOLIDWORKS, Autocad dan software 2D / 3D yang lainnya, dan kemudian menggunakan serangkaian alat dan fitur untuk menentukan operasi dan strategi machining, toolpath, strategi pemotongan, dan parameter-parameter yang lainnya. Mastercam menawarkan tampilan interface yang ramah pengguna dan alat canggih untuk membuat program machining yang efisien dan optimal untuk berbagai mesin dan aplikasi CNC.

Selain itu, Mastercam menyediakan kemampuan simulasi tingkat lanjut, memungkinkan pengguna memvisualisasikan dan memverifikasi operasi pemesinan, mendeteksi potensi kesalahan atau tabrakan, dan mengoptimalkan toolpath untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas. Secara keseluruhan, Mastercam adalah alat penting bagi masinis dan pemrogram CNC, memungkinkan mereka menyederhanakan proses pemrograman, mengurangi waktu produksi, dan mendapatkan komponen mesin berkualitas tinggi.

Kami PT Ardata Design Solusi selaku reseller resmi Mastercam di Indonesia, menyediakan Software Mastercam original sesuai dengan tipe mesin cnc Anda. Mulai dari CNC Milling, CNC Router,  CNC turning, wirecut, dll.

Team kami didukung oleh staff dan engineer yg telah berpengalaman dalam implementasi dan penggunaan software 2D & 3D CAD/CAM/CAE selama lebih dari 15 tahun.

Untuk info detail mengenai harga MASTERCAM, ZWCAD, dan ZW3D, silakan menghubungi kontak berikut ini:

Instagram : https://www.instagram.com/mastercam.id/

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *