mesin cnc adalah

CNC adalah singkatan dari Computer Numerical Control. Ini adalah kelanjutan dari istilah lama, yaitu NC atau Numeric Control. Ini mengacu pada sebuah ide untuk mengendalikan peralatan mesin melalui komputer. Mesin CNC bisa juga disebut sejenis robot

Mesin CNC adalah peralatan mesin yang dikendalikan oleh komputer. Sebelum CNC, peralatan mesin dikontrol secara manual oleh seorang operator.

Dengan CNC, komputer mengontrol servo yang mengoperasikan mesin. NC, dan kemudian dikembangkan menjadi CNC, memungkinkan peningkatan produktivitas yang luar biasa. Karena mesin CNC tersebut setelah dimasukkan program cnc, mesin dapat beroperasi dengan sendirinya secara otomatis tanpa perlu dicek atau ditunggu oleh operator mesin. Namun hanya perlu di cek secara berkalan apakah mesin berjalan sesuai dengan program yang sudah dibuat.

Mesin CNC ada banyak type atau jenisnya, diantaranya yaitu mesin CNC Milling, CNC Bubut atau sering juga disebut CNC Lathe atau turning, mesin CNC laser cutting, plasma cutting, waterjet, mesin cnc router, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jaman dahulu atau beberapa tahun yang lalu, mesin CNC hanyalan mesin industri yang hanya digunakan oleh perusahaan besar, namun saat ini mesin CNC sudah tersedia juga dalam bentuk yang lebih sederhana dengan harga yang terjangkau.

Keprisisian mesin CNC sebagian besar merupakan fungsi dari kualitas mesin. Mesin yang dirancang dengan presisi sangat tinggi harus berkualitas sangat tinggi dan karena itu harganya akan cukup mahal juga.

Seorang yang mengoperasikan mesin CNC disebut sebagai Operator. Sedangkan orang yang membuat program CNC, yang sekaligus mengoperasikan software CAM disebut sebagai pragrammer CNC.

CNC machining atau kalau diterjemahkan secara harafiah menjadi permesinan cnc, adalah proses manufaktur dimana komputer menjalankan program yang mengontrol bagaimana mesin akan membuat sebuah benda kerja. Yang dimaksud program di sini yaitu program CNC yang dihasilkan dari sebuah CNC software (misalkan Mastercam), dimana program tersebut dapat mengontrol segala sesuatu dari mulai gerakan setiap sumbu mesin, kecepatan spindle, menyalakan udara / oli / air sebagai pendingin, dll. Bahasa komputer yang digunakan untuk memprogram mesin cnc disebut G-Code, atau bisa disebut juga

kode-G.

Untuk proses machining yang sederhana, tidak jarang G-code ditulis secara manual, atau di ketik tangan. Namun untuk proses machining yang rumit dan kompleks, pemrograman CNC tersebut bisa menggunakan software CAM, yang dapat secara otomatis menghasilkan G-Code. Software CAM sendiri ada banyak jenisnya, dan yang paling banyak digunakan di Indonesia, yaitu Mastercam. Dari mulai workshop atau bengkel bubut yang kecil, hingga yang memiliki beberapa mesin cnc, sudah banyak yang menggunakan software CAM Mastercam.

Bagaimana mesin CNC dapat melakukan proses machining ?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Seorang operator bisa langsung menulis manual G-Code pada mesin CNC pada mode MDI. MDI yaitu Manual Data Input. Untuk proses machining yang sederhana, cara seperti ini bisa dilakukan oleh operator.

Cara kedua yaitu dengan membuat gambar 2D atau 3D pada software CAD. Gambar tersebut biasanya dibuat oleh seorang drafter atau engineer. Kemudian dilanjutkan dibuat program oleh CNC Programmer dengan menggunakan software CAM. Outputnya berupa G-Code kemudian baru di transfer ke mesin CNC.

Cara berikutnya yaitu membuat gambar 2D atau 3D langsung oleh seorang programmer. Outputnya berupa G-Code kemudian baru di transfer ke mesin CNC.

Software CAM terbaik bisa Anda dapatkan di sini. Kami, PT Ardata Design solusi, tidak hanya menjual Mastercam, namun juga memberikan training dan aftersales support untuk Anda.

Untuk mendapatkan harga mastercam dan penawaran terbaik, segera hubungi tim kami dengan WA ke +62 813-6404-1996 atau email ke info@ardatadesign.com.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *