Apa itu Mesin CNC :
CNC adalah singkatan dari Computer Numerical Control yang merupakan sistem otomasi mesin yang dioperasikan berdasarkan perintah yang telah diprogram secara abstrak dan sudah disimpan pada media penyimpanan.

Kata NC sendiri adalah singkatan Numerical Control atau “kontrol numerik” mesin NC dibuat pertama kali pada tahun 1940-an dan 1950-an, dengan memodifikasi dari mesin perkakas biasa Yang ditambahkan dengan motor dan akan menggerakan pengontrol mengikuti titik-titik yang telah ditentukan.

NC atau CNC terbagi dari enam bagian utama seperti:

  1. Program CNC
  2. Unit kendali atau processor
  3. Motor listrik servo untuk menggerakan kontrol pahat
  4. Motor listrik untuk menggerakan/memutar pahat
  5. Pahat
  6. Dudukan dan pemegang

Mesin perkakas modern yang ada saat ini disebut dengan Mesin CNC (computer numerical control) mempunyai hubungan yang sangat erat dengan program CAD. Dengan bantuan mesin CNC, ketelitian dan detail suatu produk yang akan dibuat secara masal dapat dijamin hingga 1/100 mm atau lebih, dengan hasil dan bentuk yang serupa juga pembuatan yang cepat.

Jenis-jenis mesin CNC yang ada saat ini

3 axis machining :
Jenis Mesin CNC 3 axis adalah yang paling umum diproduksi secara komersial dan Digunakan untuk bagian prismatik sederhana sampai cetakan / mold yang rumit, medical part dan part aerospace.

4 axis simultan :
Jenis mesin ini diperlukan ketika part geometri membungkus suatu bagian, Jenis mesin ini biasanya umum digunakan untuk industri aerospace dan industri lainnya.

5 axis / multiaxis machining :
Jenis mesin ini diperlukan untuk membuat bentuk part-part yang rumit dan yang memiliki celah kecil, seperti impeller, turbin, port intake dan produk sejenisnya.

Mesin Bubut dan Millturn :
digunakan untuk memutar part, mengebor, memotong, atau mengukir bentuk yang anda inginkan sesuai kebutuhkan.

Untuk Desain mesin CNC , mekanismenya akan sangat bervariasi seperti pada beberapa gaya, part akan bergerak atau berputar sementara spindel dan pahat tetap diam, dan pada mesin yang lain part diam dan spindel dan pahat bergerak, dan jenis mesin lainnya adalah keduanya baik part dan spindel bergerak.

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *