harga mastercam

Mastercam adalah salah satu software CAM terkemuka yang banyak digunakan untuk membuat program Computer Numerical Control (CNC) di industri manufaktur. Penggunaan Mastercam sangat penting karena software tersebut memungkinkan para operator dan teknisi untuk merancang dan memprogram berbagai jenis pergerakan toolpath untuk mesin CNC dengan presisi tinggi. Dengan tampilan interface yang user-friendly dan fitur-fitur canggih, Mastercam membantu dalam mengoptimalkan proses pemesinan, sehingga menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dengan waktu yang lebih efisien. Selain itu, kemampuan Mastercam untuk mensimulasikan proses pemesinan sebelum diterapkan pada mesin fisik mengurangi risiko kesalahan dan kerusakan pada peralatan.

Namun seringkali harga Mastercam menjadi faktor utama yang membuat pelaku industri manufaktur masih enggak untuk menggunakan Mastercam dengan lisensi original. Harga Mastercam dianggap masih terlalu tinggi untuk mereka pakai sebagai solusi untuk pembuatan program pada mesin cnc yang mereka miliki.

Lalu apakah harga Mastercam cukup tinggi untuk pelaku industri manufaktur yang memiliki mesin cnc?

Sebagai perbandingan, berikut ini adalah kisaran harga mesin cnc yang biasanya dipakai oleh pelaku industri manufaktur. Dari kisaran harga mesin cnc berikut ini, tentunya akan bisa kita lihat, apakah Mastercam masih akan terdengar mahal, jika dibandingkan dengan hasil pekerjaan machining yang lebih presisi dengan waktu yang lebih cepat, dan tentunya dengan output produk atau order yang juga akan berlipat juga.

Berikut ini adalah empat merek mesin CNC yang banyak digunakan di workshop machining adalah DMG Mori, Haas, Mazak, dan Doosan. Setiap merek memiliki keunggulan dan kisaran harga yang berbeda, tergantung pada spesifikasi dan fitur yang ditawarkan.

1. DMG Mori:

DMG Mori adalah salah satu produsen mesin CNC terkemuka yang dikenal karena teknologi canggih dan kualitasnya yang tinggi. Mesin CNC dari DMG Mori umumnya berada di kisaran harga tinggi, mulai dari $150.000 hingga lebih dari $500.000, tergantung pada model dan spesifikasinya. Misalnya, model DMU 50, yang merupakan mesin milling 5-axis, dapat berharga sekitar $200.000 hingga $300.000. Mesin yang lebih kompleks seperti DMU eVo, dengan fitur tambahan dan peningkatan presisi, bisa mencapai harga di atas $500.000.

2. Haas:

Haas Automation adalah produsen mesin CNC terbesar di Amerika Serikat dan dikenal dengan produk yang relatif lebih terjangkau dibandingkan pesaingnya. Harga mesin CNC Haas berkisar dari $30.000 untuk model yang lebih sederhana seperti Haas Mini Mill, hingga sekitar $150.000 untuk model yang lebih kompleks seperti Haas VF-4SS. Haas menawarkan berbagai mesin milling dan turning yang ideal untuk workshop machining dengan anggaran terbatas namun tetap membutuhkan mesin yang andal dan efisien.

3. Mazak:

Mazak adalah produsen mesin CNC asal Jepang yang terkenal dengan inovasi teknologi dan kualitas yang tinggi. Mesin CNC Mazak biasanya berada di kisaran menengah hingga tinggi, dengan harga mulai dari sekitar $100.000 hingga $400.000 atau lebih. Model seperti Mazak VCN-530C, yang merupakan mesin milling vertikal, dapat berharga sekitar $150.000 hingga $200.000. Sementara itu, model multi-tasking seperti Mazak Integrex i-200, yang menawarkan kemampuan milling dan turning dalam satu mesin, bisa mencapai harga di atas $400.000.

4. Doosan:

Doosan Machine Tools, sebelumnya dikenal sebagai Daewoo, menawarkan mesin CNC yang handal dengan harga yang kompetitif. Mesin CNC Doosan biasanya memiliki harga mulai dari $70.000 hingga $300.000, tergantung pada model dan konfigurasi. Sebagai contoh, Doosan DNM 4500, sebuah mesin milling vertikal, berharga sekitar $80.000 hingga $120.000. Model yang lebih kompleks seperti Doosan Puma 5100LY, yang merupakan mesin turning dengan fitur multi-tasking, dapat berharga antara $200.000 hingga $300.000.

Kesimpulannya, harga mesin CNC bervariasi secara signifikan tergantung pada merek, model, dan spesifikasi teknisnya. DMG Mori dan Mazak cenderung berada di kisaran harga yang lebih tinggi karena teknologi dan presisi yang mereka tawarkan. Haas menyediakan opsi yang lebih terjangkau dan sering menjadi pilihan bagi workshop machining dengan anggaran lebih rendah. Sementara itu, Doosan menawarkan keseimbangan antara harga dan kinerja, menjadikannya pilihan populer di berbagai industri manufaktur. Pemilihan mesin CNC yang tepat harus mempertimbangkan kebutuhan spesifik workshop, anggaran, dan jenis pekerjaan machining yang akan dilakukan.

Kami PT Ardata Design Solusi selaku reseller resmi Mastercam di Indonesia, jual mastercam Software original sesuai dengan tipe mesin cnc Anda. Mulai dari CNC Milling, CNC Router, CNC turning, wirecut, dll.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *