Hai SuperMaster,  

Pada workshop machining, terutama yang memiliki mesin cnc, baik milling maupun bubut, pasti akan melibatkan banyak orang. Mulai tim engineer yang memiliki kemampuan untuk membuat desain, drafter yang mendetailkan gambar, operator mesin manual dan cnc, dan juga seorang programmer machining untuk workshop yang memiliki mesin cnc. Programmer machining ini adalah orang yang membuat program cnc dengan Mastercam. Pada workshop skala kecil, biasanya mereka juga akan sebagai operator mesin cnc. Namun terkadang cara ini tidak efektif. Harus ada PIC khusus yang menjalankan mesin cnc, yaitu operator mesin.

Bagaimana nanti jalannya mesin cnc, program machining dibuat oleh seorang programmer. Kemudian yang nanti akan menjalankan mesin cnc untuk proses machining benda kerja hingga produk jadi, akan dilakukan oleh operator. Jadi disini ada tongkat estafet yang diberikan oleh seorang programmer ke operator mesin. Dalam proses machining, tongkat estafet dari programmer ke operator mesin cnc tersebut sangatlah penting, bahkan bisa disebut sangat krusial. Karena tidak boleh ada kesalahan apa yang sudah dibuat oleh programmer, dan dijalankan operator di mesin cnc. Misal ada komunikasi yang tidak jelas, atau ada salah 1 dari mereka yang lupa atau tidak lengkap dari memberikan dan menangkap informasi, proses machining akan tidak lancar. Secara fatal bahkan akan mengakibatkan produk mengalami kerusakan atau tidak sesuai dengan yang diinginkan. Pada proses manufaktor sering disebut sebagai NG (Not Good).

Pada Mastercam, untuk meneruskan tongkat estafet proses machining dari programmer ke operator mesin, Anda bisa menggunakan Setup Sheet. Setup sheet berisi rincian secara detail proses machining suatu benda kerja, mulai dari ukuran benda kerja, titik 0 koordinat, penggunaan cutting tool, setup ukuran cutting tool terhadap holder, jumlah proses machining, hingga estimasi lamanya proses machining. Hal tersebut dapat meminimalisir kesalahan atau human error antara programmer dan seorang operator.

Contoh tampilan setup sheet adalah seperti berikut ini :

Kami PT Ardata Design Solusi selaku reseller resmi Mastercam di Indonesia, menyediakan Software Mastercam original sesuai dengan tipe mesin cnc Anda. Mulai dari CNC Milling, CNC Router,  CNC turning, wirecut, dll.

Team kami didukung oleh staff dan engineer yg telah berpengalaman dalam implementasi dan penggunaan software 2D & 3D CAD/CAM/CAE selama lebih dari 15 tahun.

Untuk info detail mengenai harga MASTERCAM, ZWCAD, dan ZW3D, silakan menghubungi kontak berikut ini:

Instagram : https://www.instagram.com/mastercam.id/

Phone: (021) 29619220

WhatsApp: https://wa.me/6281364041996

Email: info@ardatadesign.com

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *