Proses machining atau pengolahan bahan material berupa baja, besi atau kayu untuk membuat komponen atau produk dapat dilakukan menggunakan mesin manual atau mesin CNC (Computer Numerical Control).

Berikut adalah perbedaan antara proses machining menggunakan mesin manual dan mesin CNC:

Operasi: Mesin manual dikendalikan oleh operator secara manual, sedangkan mesin CNC dikendalikan oleh program computer (Mastercam) yang telah diprogram sebelumnya.

Kecepatan: Mesin CNC dapat beroperasi dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi dan lebih akurat dibandingkan dengan mesin manual, karena dikendalikan oleh program komputer.

Reproduktibilitas: Mesin CNC dapat menghasilkan produk dengan konsistensi dan akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin manual, karena program komputer dapat diprogram dengan presisi tinggi dan dapat diulang dengan konsistensi yang tinggi.

Biaya: Mesin CNC biasanya lebih mahal daripada mesin manual, karena mesin CNC menggunakan teknologi komputer yang lebih canggih.

Kemampuan: Mesin CNC dapat menghasilkan produk dengan kerumitan geometri yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin manual, karena program komputer dapat mengontrol mesin dengan lebih presisi dan kompleksitas.

Keterampilan operator: Mesin manual membutuhkan keterampilan operator yang lebih tinggi untuk menghasilkan produk dengan presisi tinggi, sedangkan mesin CNC membutuhkan keterampilan pemrograman yang lebih tinggi untuk menghasilkan program yang akurat.

Waktu produksi: Mesin CNC dapat menghasilkan produk dengan waktu produksi yang lebih singkat dibandingkan dengan mesin manual, karena dapat beroperasi secara otomatis.

Secara umum, mesin CNC lebih cocok untuk produksi massal atau produksi dengan kerumitan geometri yang tinggi, sedangkan mesin manual lebih cocok untuk produksi custom atau produk dengan kerumitan geometri yang rendah.

Mesin CNC kebanyakan dijalankan oleh seorang operator, dengan sebelumnya dibuat G-Code terlebih dahulu oleh seorang programmer dengan menggunakan software CAM Mastercam. Seorang programmer atau pengguna Mastercam, bisa membuat program CNC / G-Code untuk beberapa mesin cnc sekaligus.

Untuk menjadi seorang programmer Mastercam, Anda bisa mulai dengan mengikuti tutorial Mastercam berikut ini :

Kami PT Ardata Design Solusi selaku reseller resmi Mastercam di Indonesia, menyediakan Mastercam sesuai dengan tipe mesin cnc Anda. Mulai dari CNC Milling, CNC Router, CNC turning, wirecut, dll.

Team kami didukung oleh staff dan engineer yg telah berpengalaman dalam implementasi dan penggunaan software 2D & 3D CAD/CAM/CAE selama lebih dari 15 tahun.

Untuk info detail mengenai harga MASTERCAM, ZWCAD, dan ZW3D, silakan menghubungi kontak berikut ini:

Instagram : https://www.instagram.com/mastercam.id/

Phone: (021) 29619220

WhatsApp: https://wa.me/6281364041996

Email: info@ardatadesign.com

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *